Keajaiban Keluarga

Lebih kurang satu bulan aku melakukan perjalanan Jawa-Sumatera yang menguras energi, emosi dan pikiranku. Memang, perjalananku kali ini agak berbeda dengan perjalanan-perjalananku sebelumnya. Kalau sebelum-sebelumnya perjalananku lebih kepada sekedar melepas kangen dengan kerabat dan teman-teman atau sekedar “laporan” rutin ke kantor atau juga sekedar “menampakkan” wajah ke mahasiswa, namun kali ini aku melakukan perjalanan dengan misi penting; KELUARGA.

Perjalananku ini membuatku letih jiwa dan raga. Banyak “pe-er” yang harus kuselesaikan. Setelah semuanya terjamah, meksi belum terselesaikan benar, aku kembali ke keluargaku di Jogja. Begitu sampai di rumah, secara ajaib, semua keletihan itu berubah menjadi sebuah energi baru… Luar biasa!

Aku tidak hendak membagi “keletihanku” disini, tapi justru aku ingin membagi kebahagiaanku karena begitu mudahnya keletihanku itu terhapuskan begitu aku bertemu dengan keluargaku. Benar kata orang bijak, “keluarga adalah pelabuhan jiwa, tempat kita melabuhkan segala penat dan duka”.

Aku merasa bersalah, karena sering merasa sebal ketika anakku mengganggu konsentrasi kerjaku, hanya gara-gara minta diambilkan mobil-mobilannya yang nyangkut di kolong tempat tidur, atau tingkah polah lainnya. Dengan “keajaiban” yang kualami saat ini, aku tersadar sepenuhnya bahwa tidak ada alasan bagiku untuk sebal dengan mereka. Aku benar-benar butuh mereka!

2 thoughts on “Keajaiban Keluarga

  1. Walaupun pelabuhan, yang pasti keluarga bukan tanjung priuk yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah. Btw, catatan perjalanannya ditunggu, Zon. Pasti menarik, tuh.

  2. berbahagialah orang-orang yang dapat merasakan makna keluarga yang sebenarnya… di zaman ini, banyak sekali keluarga yang kehilangan makna. pengalaman ini cukup menginspirasi… selamat 🙂

Leave a Reply

