Tour de Jateng: Green and Clean

Persoalan kebersihan dan keindahan di beberapa pesantren yang saya kunjungi cukup memprihatinkan. Hal ini tentu sangat kontra produktif dengan semangat Islam sendiri; “Kebersihan adalah bagian dari keimanan”.

Dari ke-26 pesantren yang saya kunjungi di seputar Jawa Tengah, yang mendapat kedudukan terburuk adalah PP. Darul Qurro’ di Kawunganten Cilacap. Dan yang terbaik adalah PP. Al-Islah di Kebumen.

Saya ceritakan yang terbaik aja ya, kalau yang terburuk, sudah bisalah anda bayangkan sendiri… 🙂

Memasuki PP. Al-Islah, serasa kita memasuki sebuah taman rekreasi yang indah dan sejuk. Meski bangunan yang ada sangatlah sederhana, namun setiap benda yang ada di sekelilingnya menempati tempat yang tepat. Mulai dari halaman depan sampai ke bagian belakang, semuanya tertata rapi dan bersih.

Rumah Pak Kyai yang menyatu dengan asrama-pun terkesan sangat bersahaja dan teduh, membuat setiap orang sudi dengan nyaman bertamu ke rumah beliau. Ditambah lagi dengan sosok beliau yang sangat menghormati tamu.

Di depan asrama berjejer bunga-bunga nan cantik dan terpelihara dengan baik. Bahkan di sudut asrama terdapat sebuah taman yang terawat dengan baik. Tanaman yang mereka tanam-pun cukup berkelas, seperti anthurium dan bahkan gelombang cinta yang konon berharga jutaan rupiahpun mereka miliki.

Berada di Pesantren yang tidak terlalu luas itu serasa berada di rumah sendiri. Maka wajar bila banyak santri yang menurut keterangan Pak Kyai betah nyantri di sana.

Ternyata, keteduhan suasana itu mempengaruhi kepada keteduhan hati para pengasuhnya. Agaknya, ini jualah yang membuat mereka berlaku cukup teduh kepada para santrinya dalam mendidik.

Saya sedikit bisa menyimpulkan bahwa, aura keteduhan hati seseorang sangat dipengaruhi oleh keteduhan lingkungannya. So, keep green and clean

masih bersambung.

Advertisements

3 thoughts on “Tour de Jateng: Green and Clean

  1. Sekalian, waktu kampanye Green, kampanye Clean juga. Pesantren seharusnya menjadi contoh green dan clean bagi warga sekililingnya, sekaligus santri yang nanti akan menjadi tokoh di masyarakat masing2.
    ____________________

    Itulah sayangnya, masih banyak pesantren yang menjadi contoh buruk soal green dan clean…

  2. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s