ajib

ajib3Namanya Muhammad Nazhif Ardhi. Kami ingin memanggilnya Nazhif, tapi lidah cadelnya belum bisa begitu fasih menyebut nama kecil itu. Justru yang muncul adalah Ajib. Karena makna kata “ajib” cukup bagus, yakni dalam bahasa Arab berarti “luar biasa” atau “amazing”, maka kamipun sepakat untuk memanggilnya dengan nama kecil ini.

Hari ini, lima tahun yang lalu, putra ketiga kami ini lahir ke muka bumi. Peristiwa jelang kelahirannya cukup dramatis.

Ketika itu, istriku sudah merasakan pada pagi hari tanda-tanda akan segera melahirkan. Akupun segera mengantarnya ke rumah bersalin yang letaknya tidak jauh dari rumah kami di Rumbai, Pekanbaru. Karena menurut Bu Bidan waktu melahirkan masih lama, maka kami putuskan untuk kembali ke rumah.

Di saat itulah, kakak sepupuku datang. Dia yang tinggalnya di Duri, kebetulan ada keperluan ke Pekanbaru, dan menyengajakan diri untuk mampir. Mengetahui kalau istriku sudah mendekati waktu melahirkan, kakakku pun menawarkan untuk melakukan persalinan di rumah sakit miliknya, di kota Duri.

Tawaran itu tentu sangat menarik. Hanya masalahnya adalah jarak Pekanbaru-Duri sangatlah jauh. Lebih kurang menempuh 4 jam perjalanan. Apalagi jalannya parah dan berliku, layaknya ular naga yang tengah meliuk-liuk.ajib2

Dengan halus, kutampik tawaran itu. Kukatakan, biarlah di Pekanbaru saja. Namun, dengan sedikit memaksa, kakakku meminta kami untuk tetap ke Duri. Katanya, bila ada sesuatu yang kurang bagus, bisa langsung ditangani oleh dokter ahli yang dimilikinya, apalagi rumah sakit tersebut sudah memiliki alat yang sangat memadai untuk melakukan tindakan operasi.

Setelah berdiskusi dan mendapat sokongan dari kedua orangtuaku, kamipun menyetujui ikut ke Duri. Toh, kalau ada apa-apa di jalan, kakakku akan bisa dengan segera menangani.

Perjalanan itu benar-benar terasa berat dan menegangkan. Di tengah menahan ketidaknyamanan perjalanan, intensitas rasa sakit istriku pun semakin meningkat. Perjalan itu terasa begitu panjang dan lama sekali.

Detik demi detik perjalanan itu semakin terasa berat. Aku nyaris putus asa, dan meminta kakakku untuk mengantar kami kembali ke Pekanbaru, demi melihat kesakitan yang ditanggung istriku. Tak tahan aku melihatnya. Tapi, istriku menahanku dan mengatakan kalau dia akan tetap kuat sampai ke Duri.

Akhirnya, setelah melewati perjalanan yang terasa berat itu, kamipun sampai di Duri. Istriku pun langsung ditangani oleh dokter ahli rumah sakit tersebut dengan pelayanan yang istimewa tentunya (ya iyalah…!).

ajib1Dari pemeriksaan dokter, ternyata istriku sudah bukaan enam. Wah, tentu tidak akan lama lagi waktunya. Kamipun menunggu dengan harap-harap cemas.

Rupanya, penantian kami harus diperpanjang. Sejak kedatangan kami di Duri, istriku tidak mengalami kemajuan. Sampai tengah malam, bukaannya masih seperti ketika kami datang. Bahkan, setelah dipacu dengan injeksi, tetap saja segitu.

Pagi hari, istriku kehabisan tenaga. Barangkali karena perjalanan yang melelahkan kemarin, ditambah lagi dengan tidak tidur semalaman. Melihat kondisi itu, kakakku pun memutuskan untuk melakukan operasi caesar pada istriku. Aku pun menyetujuinya.

Operasi dengan lancar dan cepat. Dari dokter, kuperoleh informasi kalau istriku memiliki kelainan pada kulitnya (aku lupa istilahnya). Jahitan akibat operasi caesar terdahulu (anak kedua kami juga melalui operasi caesar), pertumbuhan daging dan kulit istriku tidak begitu bagus, dan mengakibatkan mengganggu jalan lahir. Operasi yang kami ambil kali ini adalah keputusan tepat, begitu katanya. Aih… syukurlah, semuanya selamat.

Hari ini, Ajib sudah berumur 5 tahun. Aku bersyukur dia telah tumbuh dengan baik dan sehat. Semoga saja kami bisa terus menjaga amanah ini dengan baik.

AJIB… Selamat Ulang Tahun. Semoga kelak bila kau dewasa, tidak menjadi orang yang suka “ajeb-ajeb”…  😉

ajib5

Advertisements

20 thoughts on “ajib

  1. Ajiiiibb… hei nak… selamat ulang tahun ya. Wah baru 5 tahun ya. Kadang kita melihat anak, kepintaran dan kemandiriannya lupa akan umur sebenarnya ya. Kapan bisa ketemu lagi dan main PS bersama, kata Riku. Salam dari Riku juga.

    Selamat juga untuk Uda dan Uni dari kami di Tokyo.
    EM

    pesannya sudah saya sampaikan ke ajib nechan, katanya: “kapan ya ketemu riku lagi?”

    salam juga buat keluarga di tokyo

  2. Selamat ulang tahun buat Ajib… Semoga jadi anak yang berbakti sama orang tuanya dan ngga suka “ajeb-ajeb.”

    Wah, berarti dalam bulan Mei ini Uda Vizon ada perayaan ultah 2 orang yang disayangi nih…

  3. Selamat Ulang tahun Ajib…
    semoga Allah menjadikamu anak yang berbakti kepada orang tua, beramal soleh dan beriman teguh….

    Uda,
    nanti kalau tante ria punya anak cewek…tak jodohin sama Ajib ya ^_^ .huhehehehehehe….

    ajib mau aja sih tante… tapi masih lama gak?
    *sambil lirak-lirik, si om kemana ya?*

  4. Slamat ulang tahun, nggak kusangka anaknya udah tiga ya… doakan saya secepetnya punya momongan ya, Uda!

    Don… anak saya empat, si ajib masih ada adiknya, hehehe…. 🙂
    saya doakan dg tulus, agar dirimu segera beroleh permata hati

  5. Uda … saya merinding membaca proses kelahiran si Ajib …

    Ajib anakku …
    Selamat Ulang Tahun ya …
    Lekas besar dan cepat pintar …
    sehat-sehat selalu …
    Hormati dan sayangilah Ibu Bapakmu …

    Mereka sayang sekali sama Ajib …
    OK … ??

    Dari Pak De Trainer.

    makasih pak…
    wah, ajib pasti bangga banget punya pakde yg luar biasa 🙂

  6. ajib, selamat ulang tahun ya, nak.
    semoga usiamu berkah dan kau pun menjadi permata hati yang selalu menyinari negeri.

    *apo?! anak udah vizon lah ampek?! bagarah ko mah!*

    PERMATA HATI?
    aih… baru ingat saya, kalau nama rumah sakit tempat ajib dilahirkan adalah Permata Hati….

    ndak pacayo anak ambo ampek? alhamdulillah… berarti masih mudo tampang awak ko mah… 🙂

  7. Hai hai, Ajib ..
    Salam kenal dari Tante Muzda ..
    Selamat ulang tahun yaa .. moga bisa jadi kebanggaan orang tua dan agama 🙂

    Btw, Ajib, dapet kado apa aja nie hari ini ??

  8. wahhh telat sehari nich hehehe ngga apa-apa dech.
    Ajib… selamat ulang tahun ya, sehat selalu, panjang umur, tambah pintar n jadi anak yg berbakti ke kedua orangtua ya.

    Baca cerita uda akan perjuangan istrinya uda nich, bikin aku merinding….

  9. selamat ulang tahun ajib..
    semoga panjang umur, sehat selalu dan berguna bagi orangtua, agama dan bangsa kita tercinta dan tentunya cepat-cepat jadi pesaing uda bikin blog..

    btw, kalo liat foto yang pertama..seakan-akan si ajib mo bilang
    “muke lu jauhhhh”
    hihihihi

  10. Met Milad Ajib, abang doakan Ajib menjadi anak yang sholeh dan menjadi anak yang tidak hanya sebagai pelepas dahaga bagi keluarga tetapi juga menerangi keluarga…….Amin

    Salam kenal dari abang ya…

  11. selamat ulang tahun Ajib…..Eyang ikut mendoakan semoga jadi cendikia yang saleh ya…
    Kadonya mana eyang..??? waah….besok kalau Eyang lewat jalan Bantul yah….

    Terima kasih Eyang… semoga doa Eyang dikabulkan Yang Maha Kuasa…
    kado? hehehe… jadi malu… 🙂

  12. Selamat ulang tahun untuk Ajip, semoga menjadi anak yang sholeh, pintar, dan berbakti kepada orangtua, bangsa dan agama (halah, standar banget deh ucapannya … 😀 )

    Uda, tumbuhnya daging di bekas luka operasi Uni Icha itu apa bukan keloid namanya ya?

  13. Aih, anak yang ini pun sudah lagi berusia 5 tahun. Sampai ujung dunia pun takkan pernah bisa tersusul olehku. Hihihi.

    Tapi selamat. Sepuluh tahun yang akan datang, jika Ajib membaca tulisan ini, ia akan menoleh pada ayahnya dan tersenyum bangga! 🙂

    Tak perlulah kau susul diriku Dan…
    Cukup kau ikuti saja… 😉

    Sepuluh tahun lagi, Ajib akan “mengklik” tautan ke blok PK… masih ada gak ya? 😉

  14. Aku hanya tergelitik melihat paragraf terakhir tentang “ajeb-ajeb” itu. Kayaknya kalau melihat pohonnnya nggak bakal deh buah jatuh jauh dari pohon. Jadi, amanlah bro…Ha ha ha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s