gusdur, sebuah kebanggaan

gusdurAku pernah sangat bangga dengan prestasinya. Keberhasilannya menjadi Presiden RI membuat rasa percaya diriku, terangkat. Karena, beliau telah membuktikan bahwa seorang santri pun layak diberi ruang dalam ranah politik. Santri tidak melulu harus berdakwah di mimbar keagamaan. Santri juga harus bisa berdakwah di pentas politik; nasional maupun internasional.

Aku juga pernah kesal dengan kebijakannya. Likuidasi Departemen Penerangan dan Departemen Sosial telah mempersempit kesempatanku untuk menjadi pegawai negeri ketika itu. Aku kesal, karena pengangkatanku harus tertunda karena kebijakannya.

Aku pernah sangat bahagia melihat kebahagiaan saudara-saudaraku keturunan Tionghoa ketika merayakan tahun baru Imlek. Mereka telah bisa dengan sangat bebas melepas barongsai di jalanan, tanpa sedikitpun rasa takut. Aku bahagia, karena itu adalah berkat keluasan ilmu pengetahuan agama di diri seorang Gusdur. Ia adalah seorang muslim sejati. Ia telah memberi wajah indah Islam di negeri ini.

Sekarang, aku hampir tak percaya. Dia yang sangat aku banggakan, sekaligus pernah membuatku kesal, telah berpulang ke rahmatullah. Kepergiannya, telah menggetarkan seluruh negeri. Kepergiannya, sama dengan kehadirannya; membuat semua orang antusias. Aku sangat bersedih akan itu.

Tapi, aku tahu, Tuhan Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya. Tuhan memanggil Gusdur dalam waktu yang tepat. Aku yakin, ada mau Tuhan dengan ini semua untuk negara dan bangsaku. Semoga, banyak pihak yang dapat membaca pesan Tuhan ini.

Gusdur… selamat jalan…
Temuilah Tuhanmu dengan segala ketenangan jiwa
Berbahagialah dirimu bersamaNya
Doa kami menyertaimu… 🙂

.

gambar diambil dari sini

Leave a Reply

