10-01-10

Ahai, ada angka cantik rupanya kemarin. Baru kusadari hal itu ketika melihat kalender. Karena cantik, ada bagusnya untuk dipajang di blog ini sebagai judul tulisan. Tapi, jangan salah sangka dulu, aku tidak akan membahas soal angka-mengangka. Biarlah DM saja yang selalu peduli dengan angka-angka cantik itu.

Angka cantik kemarin itu patut kuabadikan di sini, karena kemarin, dalam rangka penutupan liburan sekolah, aku dan empat orang sahabatku mengajak keluarga besar kami jalan-jalan. Ya… postingan ini akan bercerita soal piknik yang dilakukan oleh keluarga besar kami. Benar-benar besar, karena jumlah anggota seluruh keluarga yang berangkat adalah 27 orang!.

Pilihan kami adalah pantai Baron, Sepanjang, Krakal dan Drini yang terletak di Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23km arah selatan kota Wonosari, merupakan pantai pertama yang ditemui dari rangkaian kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.

Di pantai ini juga terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk menu khas pantai Baron yaitu Sop Kakap. Karena kami membawa bekal dari rumah, maka kami hanya membeli tambahan ikan bawal goreng saja di situ. Setelah berenang, rasanya perut ini benar-benar lapar. Tanpa disadari makanan yang kami bawa habis dalam waktu singkat.

10-01-10 (62)10-01-10 (92)
Meski di pantai, air ini tetap tawar. Mengapa begitu? Cobalah anda buktikan sendiri di Baron.. 😉

Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 km kea rah barat dari Pantai Baron terdapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, dengan leluasa dari atas bukit.

Sepanjang, si Pantai Kuta Tempo Doeloe

Bila ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta tempo doeloe, Pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat. Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya bisa Anda nikmati begitu tiba di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Nama “Sepanjang” diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.

10-01-10 (130)
Agus Nizar dan Keluarga
10-01-10 (134)
Amin Ulwi dan keluarga

10-01-10 (137)
Ivan Rahmawan dan keluarga
10-01-10 (140)
Luthfi Yuniarto dan keluarga

Lho… fotoku dan keluarga di sini kok gak ada? Alamaak… ternyata, di kamera si Ivan, di kameraku gak ada 😀

10-01-10 (157)
Salah satu sudut eksotis di Pantai Sepanjang yang masih sangat alami

Kami kurang beruntung, karena air sedang pasang. Biasanya, bila tidak pasang, air laut tampak sangat jernih dan kita dapat melihat aneka satwa di dalamnya dengan mudah. Dan, tentunya dapat menyaingi kenarsisan seorang penemu pantai yang telah menamakan pantai temuannya dengan PANTAI NONKA. 😉

Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 3 km di sebelah timur dari deretan Pantai Baron-Kukup-Sepanjang-Drini dan merupakan pantai terpanjang dibanding pantai lainnya dengan bentangan pasir putih yang landai. Indahnya hamparan hijau perbukitan kapur dengan air laut yang berwarna biru menyajikan suatu harmoni yang sunguh asri, sangat ideal untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

10-01-10 (168)10-01-10 (171)
Seharusnya di pantai ini kami bisa menangkap ikan hias, tapi sayang… air sedang pasang..

Sekali lagi, kami tidak beruntung kali ini. Karena air pasang, membuat karang-karang yang berbalut lumut nan indah tak dapat kami lihat. Rencana kami sebetulnya, ingin mengajak anak-anak menangkap ikan-ikan hias yang ada di situ. 😦

Pantai Drini

Sebelum pulang, kamipun mampir di Pantai Drini. Pantai ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km kearah timur dari Pantai Sepanjang. Keistimewaan pantai ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya dapat dipakai sebagai penangkal ular berbisa.

Satu lagi yang menarik di sini adalah bukit yang terletak di sisi kiri dan kanannya, berbentuk seperti penyu. 🙂

10-01-10 (76)10-01-10 (79)
Berkejar-kejaran dengan ombak adalah permainan yang paling mengasyikkan kalau di pantai 🙂

Nah, begitulah penutup liburan kami kemarin, semoga memberi kesan mendalam bagi anak-anak kami. Bagaimana dengan Anda?

Sumber: Yogyes.com
.
.
Ini adalah mirror-post dengan judul yang sama pada blog: www.hardivizon.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s