Temukan Tenangmu..

Udara pada siang itu terasa panas. Aku ingin segera menghentikan laju sepeda motor untuk sekedar beristirahat dan membasahi tenggorokan yang mengering sedari tadi. Namun, belum kutemukan tempat yang pas untuk berhenti.

Sejurus kemudian, aku melihat sebuah bangunan masjid yang mungil namun indah dipandang mata. Namanya Masjid Quba’. Posisinya yang dipinggir Jalan Raya Batusangkar-Bukittinggi, tepatnya di Kanagarian Rao-Rao, membuat masjid itu mudah ditemukan. Tanpa ragu, akupun putuskan untuk berhenti di sana, beristirahat dan menunaikan salat Zuhur.

Memasuki pelataran masjid, angin segar yang berasal dari pesawahan di sekelilingnya, menerpa wajahku. Ada damai dan sejuk kurasakan. Kuhirup dalam-dalam kesegaran itu, mememuhi paru-paruku yang sedari tadi terasa panas dibakar sinar mentari.

Kesegaranpun kian bertambah setelah kubasuh tubuhku dengan air wudhu. Rasanya, tubuhku benar-benar bugar olehnya. Akupun memasuki bagian dalam masjid dan menemukan beberapa jamaah yang tengah berzikir. Tampaknya mereka sudah selesai menunaikan salatnya masing-masing.

Seketika, ada kebahagiaan menyeruak di dalam hatiku. Rasa tenang dan damai yang sulit untuk kudefinisikan, terasa menyelimuti diri ini. Kutunaikan salat dengan nikmat tiada tara. Selepasnya, kulanjutkan dengan zikir. Lagi-lagi, rasa tenteram dan tenang itu, semakin memenuhi setiap rongga dada dan otakku.

Ya Allah.. inikah yang Engkau janjikan dalam QS. Ar-Ra’du ayat 28 yang berbunyi “… Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram” ? Sungguh… di hari itu, aku benar-benar merasakan ketenangan yang sebenarnya.

Kini.. aku sudah berketetapan hati, bahwa tak perlu bagiku untuk pergi jauh-jauh mencari ketenangan dari kegalauan hati dan pikiran. Bukan di pantai, bukan di laut, ataupun di gunung. Cukup dengan berzikir dengan khusyuk di sebuah masjid, ketenangan yang sesungguhnya kudapatkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s