Jabatan

“Kosekwensi amanah adalah menambah panjang daftar tanya di hari pertanggungjawaban kelak. Hendaknya amanah tersebut diemban oleh pribadi-pribadi tawadhu’ yang jauh dari arogansi dalam nuansa apapun, untuk terus lurus demi manfaat karena Allah semata”.

Kalimat yang meluncur dengan manis dari mulut pembawa acara dalam pelantikan pejabat di kampusku beberapa waktu yang lalu, keren sekali menurutku. Kalimat sederhana, namun padat makna, bagi yang mau mencerna. Betapa besar konsekwensi atas amanah yang diterima.

Jabatan adalah salah satu amanah yang harus ditunaikan dengan baik. Dia jangan dipinta, tapi jika diberi, tunaikan dengan seksama.

Allah SWT berfirman dalam QS Annisa ayat 58: “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia, lakukan dengan adil. Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

Semoga saja, orang-orang yang saat ini berjejeran foto-fotonya dipinggir jalan, ketika nanti mendapatkan jabatan yang dipintanya, dapat memahami sepenuhnya arti dari sebuah amanah, dan mengamalkannya

Leave a comment