Jabatan

“Kosekwensi amanah adalah menambah panjang daftar tanya di hari pertanggungjawaban kelak. Hendaknya amanah tersebut diemban oleh pribadi-pribadi tawadhu’ yang jauh dari arogansi dalam nuansa apapun, untuk terus lurus demi manfaat karena Allah semata”.

Kalimat yang meluncur dengan manis dari mulut pembawa acara dalam pelantikan pejabat di kampusku beberapa waktu yang lalu, keren sekali menurutku. Kalimat sederhana, namun padat makna, bagi yang mau mencerna. Betapa besar konsekwensi atas amanah yang diterima.

Jabatan adalah salah satu amanah yang harus ditunaikan dengan baik. Dia jangan dipinta, tapi jika diberi, tunaikan dengan seksama.

Allah SWT berfirman dalam QS Annisa ayat 58: “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia, lakukan dengan adil. Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

Semoga saja, orang-orang yang saat ini berjejeran foto-fotonya dipinggir jalan, ketika nanti mendapatkan jabatan yang dipintanya, dapat memahami sepenuhnya arti dari sebuah amanah, dan mengamalkannya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s